...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Monday, February 6, 2012

SERANGAN NOROVIRUS


Apakah norovirus itu? 
 Norovirus adalah virus yang menyerang alat pencernaan menyebabkan infeksi dan mengakibatkan penderita muntah, diare dan sakit perut. Norovirus menyebar dengan mudah, hanya dengan kontak tangan, benda, tinja ataupun bekas muntahan ( cross contamination ) dari seorang penderita. Sangat rawan sekali penyakit ini menular ditempat-tempat keramaian yang tertutup seperti sekolah, hotel, restauran, kapal pesiar etc. Tidak ada vaksin untuk norovirus, hanya saja penderita serangan norovirus sebaiknya dikarantina agar tidak menulari orang lain. Antibiotik tidak akan mengobati virus norovirus karena antibiotik bekerja untuk melawan bakteri.
Gejala Norovirus
Terkadang orang juga menyebut norovirus karena disebabkan keracunan makanan. Gejala infeksi norovirus biasanya termasuk diare, muntah, mual, dan kram perut,  gejala yang kurang umum mungkin demam ringan, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Walaupun serangan norovirus ini sebenarnya tidak terlalu serius akan tetapi bisa jadi sangat berbahaya bila terkena pada anak-anak atau orang yang mempunyai riwayat kondisi kesehatan yang kurang. Gejala terparah mungkin mereka akan terkena dehidrasi ataupun menyebabkan kematian.
Pencegahan Norovirus 
Untuk food handlers,
1. Mencuci tangan
Biasakanlah mencuci tangan dengan air dan sabun, gel anti kuman untuk mengurangi resiko tangan kita yang kotor karena mungkin memegang benda atau orang yang rawan terkontaminasi sebelum bersentuhan dengan makanan.
2. Jaga kebersihaan makanan
Cucilah makanan yang akan kita konsumsi seperti buah, sayuran, ikan etc. Biasakan memakai klip/ penjepit atau sarung tangan plastik untuk memegang ready to serve food untuk mengurangi resiko kontaminasi. Bagi food handler makanan yang sedang sakit lebih baik tidak perlu bekerja dan berhubungan dengan makanan terlebih dulu.
3. Jaga kebersihan tempat
Biasakanlah mencuci peralatan dan tempat pengolahan makanan dengan disinfektan atau chlorine untuk membunuh kuman untuk mengurangi resiko bakteri berkembangbiak.
4. Pakaian bersih
Selalu mengganti dan menggunakan pakaian yang bersih agar tidak mudah bakteri tinggal dan berkembangbiak dibaju kita yang kotor baik terkena makanan atau yang telah terkontaminasi dengan penderita.

 

2 comments:

Winaro said...

Apakah ada obat untuk norovirus?

melekbengi said...

Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk norovirus.