...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Saturday, October 22, 2011

JENIS IKAN/ SEA FOOD TERFAVORIT

Banyak sekali dari jenis-jenis ikan/ Seafood ditemukan dilautan, namun ada beberapa jenis yang sering sekali kita sajikan dikapal pesiar. Memang tidaklah mudah menjelaskan jenis ikan kepada tamu, akan tetapi cara yang paling aman adalah, apabila waiter bisa membedakan antara Salt fish/ Freshwater fish, fillet with/ boneless,cara memasaknya dengan pan fried, boiled, grill, bertaste soft/ normal, white/
dark colour dan daerah ikan itu berasal. Dibawah ini adalah beberapa jenis ikan yang sering berada dimenu: Salt water fish
1. Halibut Dari family Flat fish/ ikan sebelah, Holy (suci) but (datar) sangat populer pada hari-hari suci Katolik. Halibut banyak hidup di Pasifik Utara dan Atlantik Utara dan sangat digemari dan bertexture mild.
2. Swordfish/ Pesce Spada Dari family Xiphiidae, dagingnya tebal dan mahal. Biasanya dipotong seperti steak medalion dan digrill.
3. Mahi Mahi/ Lampuga/ Dorado Dari family Dolphinfish, Mahi Mahi yang dalam bahasa Hawai adalah sangat kuat banyak ditemukan Pasific dan didaerah Tropis.
4. Grouper/ la Cernia Ikan karapu/ Grouper paling diyakini berasal dari nama Portugis, garoupa. Biasanya direstaurant saya bekerja dulu Grouper difillet didalam restaurant dan tamu bisa melihat langsung Grouper yang utuh dan besar sebelum disajikan.
5. Mullet/ la Triglia Mullets abu-abu family Mugilidae dengan sirip bersinar adalah ikan yang ditemukan di seluruh dunia pada pesisir dan perairan beriklim tropis.
6. Red Snapper/ Dentice Red Snapper adalah salah satu yang paling favorit dari semua jenis ikan putih.Harganya termasuk mahal dan ikan kakap merah ini banyak ditemui di karang, terumbu, sisa kapal karam atau didaerah beriklim hangat. Dagingnya bertextur lembut dan sedikit manis.
7. Cod/ Bacala Salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi, baik yang sudah diawetkan menjadi asin ataupun dipakai sebagai bahan dasar Fish and Chip. Sangat populer di Portugal, Spanyol, Brazil etc. Bacala biasanya dimasak dengan potatoes, onion.
8. Sea Bass/ il Branzino Ikan Bass sangat bervariasi, bisa sekedar digrill ataupun menjadi salad ikan. Konon makan daging bass setara dengan makan dada ayam.
9. Tuna/ Tonno Tidak seperti kebanyakan ikan, yang memiliki daging putih, daging tuna berkisar dari merah muda menjadi merah gelap. Biasanya daging dipotong sedang dan disajikan dengan saus yang banyak atau bisa dibilang seperti sup dan dibuat Salad atau Sandwich .
10. Squid/ Calamary Mempunyai lebih dari 300 species, Squid bisa hanya dimasak digrill, fried ataupun dimakan dingin untuk salad. Fried Calamary mungkin menjadi cemilan paling digemari banyak orang.
11. King Prawn King Prawn mungkin lebih bisa ditafsirkan untuk mengatakan udang/ shrimp yang besar ukurannya/ jumbo. Selain itu mungkin tidak akan ada banyak Prawn ditemui dipiring karena biasanya biasanya porsinya hanya antara 1-3 biji saja.
12. Lobster Lobster bercapit adalah salah satu komoditi yang paling menguntungkan secara ekonomi. Lobster ditemukan di semua samudra. Mereka tinggal di batu batu/ karang, tempat berpasir. Ada macam pengolahan Lobster yang paling populer: - Lobster Thermidor Thermidor Lobster adalah masakan Perancis yang terdiri dari campuran krim daging lobster yang dimasak dengan kuning telur, cognac/ brandy kemudian dimasukkan ke shell/ kulit lobster, dan ditambah keju ( Gruyère) yang dioven dan juga harus berisi saus mustard didalamnya. - Lobster Grill Lobster yang digrill dan biasanya disajikan dengan saus Lemon Butter. Fresh water fish
1. Salmon Salmon dari family Salmonidae. Beberapa ikan lain dalam keluarga yang sama disebut ikan trout. Salmon tinggal di sepanjang pantai dari Atlantik Utara dan Samudra Pasifik, dan juga telah ditemukan di Great Lakes di Amerika Utara. Salmon adalah ikan yang unik karena lahir di air tawar dan hidup sampai dewasa dilautan sebelum kembali ketempat lahirnya untuk bertelur. Dagingnya berwana kemerahan dan telur dan daging asap/ smoked salmon banyak dipakai sebagai canape atau appetizer.
2. Trout/ Trota Masih satu family dari Salmon, trout adalah oily fish yang mengandung dioxin sangat rendah, walaupun trout agak kurus, tapi dagingnya dianggap lezat. Tips : Khusus untuk Lobster, waiter diharuskan membantu dengan membuang cangkang dengan cara menusuk daging dengan garpu dan memutarkannya dari leher mengarah ke ekor agar mudah melepaskan dan jangan lupa Lemon Butter selalu harus ada untuk berjaga-jaga bilamana tamu meminta lagi.

No comments: