...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Friday, October 28, 2011

MAIN COURSE DAN SAUCE TAMBAHANNYA


Main course adalah saat penting dimana makanan yang dipesan oleh tamu sampai kemeja dihadapan mereka dengan perfect sesuai dengan orderannya. Tentu saja makanan-makanan itu sudah komplit dengan saus spesiality of the day yang tertera didalam menu. Akan tetapi sudah menjadi pattern bahwa ada beberapa masakan baik dari jenis daging/ poultry yang harus kita kombinasikan dengan saus dingin atau tambahan. Hal ini dikarenakan kebiasaan atau memang sudah tradisi bagi mereka untuk menggunakan/ mengkombinasikan rasa makanan dengan saus-saus tersebut.

1. Apple Sauce
Terbuat dari pure dari apple,sugar,cinnamon dimasak bersama apple cider (juice apple). Biasanya dimakan untuk daging Pork/ babi, dessert. Selain manis rasanya, Acid/ tingkat keasaman apple membantu untuk mengurai lemak Pork/ babi dan bisa menjadi obat diare karena berpectin tinggi.

2. Mint Sauce
Terbuat dari daun mint, vinnegar, gula. Biasanya dimakan dengan daging Lamb/ kambing. Rasa dan aroma lamb yang kuat mungkin dapat diimbangi/ dikurangi dengan rasa mint yang dingin. Selain Mint Sauce ada juga Mint Jelly karena berbentuk Jelly.

3. Cranberries Sauce
Terbuat dari cranberries yang direbus dengan gula, orange juice, zest. Biasanya dimakan dengan Turkey/ Kalkun di Thanksgiving US, Canada atau Natal di Inggris.

4. Horseradish Sauce
Terbuat dari horseradish/ lobak dicampur vinegar, cream. Biasanya dimakan dengan daging Roast Beef ataupun di US horsy sauce sebagai tambahan saus seperti mustard.

5. Tabasco
Terbuat dari chili pepper, salt, vinegar dan disimpan didalam kayu oak sebelum dikemas. Yang pasti Hot...hot...hot.

6. Steak Sauce/ Brown Sauce
Terbuat dari tomatoes, vinegar, rempah, anchovies. Steak sauce populer di US dan English mengenalnya Brown sauce. Yang membedakan adalah kebanyakan Steak sauce di US dipakai untuk Beef dan Brown sauce biasa dipakai untuk berbagai macam makanan. Yang sangat populer adalah saus Worchester, A 1, Hp, Lea & Perrins, Heinz etc. Rasa dari saus itu ada yang manis (A 1, Lea & Perrins), asam, pedas.


7.Black Pepper/ Ground Pepper
Terbuat dari biji tanaman lada yang dikeringkan. Dipakai sebagai rempah rempah atau penyedap rasa (hot)/ penambah aroma diberbagai jenis makanan.


8. Ketchup
Terbuat dari bahan bertipical manis seperti tomato, vinegar, sugar dan vegetables ( onion, garlic, cinnamon, rempah, cengkeh). Banyak dipakai untuk hamburger, sandwich, daging grill ataupun fried, French Fries etc.

9. Chutney
Biasanya terbuat dari bahan buah-buahan (mangga, apel etc), vegetables, gula, rempah dan dibuat seperti selai manis.

10. Oil & Vinegar dan Lemon
Olive oil dan vinegar, Lemon mungkin paling banyak dibutuhkan pelanggan baik itu untuk fish ataupun Lemon kadang dipakai untuk daging Steak juga.

No comments: