...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...
Will you listen my Glam Rock demo???...... Click the pic & play
Click for mp3

Thursday, June 30, 2011

FOOD SERVICE DAN 7 PRINSIP SEORANG WAITER PROFESIONAL


Sebenarnya semua orang bisa hanya meletakkan piring berisi makanan ke meja. Tapi ada hal-hal sepele yang perlu diperhatikan untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa hanya dengan meletakkan piring tetapi bisa menawarkan sensasi dan suasana yang elegant serta profesional. Kualitas servis seorang waiter juga ditentukan dengan cara-cara mereka membawa piring ke meja.
Ada beberapa prinsip dasar yang waiter harus ketahui tentang service.

1. Apabila menyajikan makanan yang masih berada di platter, waiter harus menyajikannya dari sebelah kiri.

2. Apabila makanan sudah siap di piring, waiter menyajikannya dari sebelah kanan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan dari sebelah kiri apabila keadaan tidak memungkinkan.

3. Semua minuman disajikan dari sebelah kanan. Sebelah kiri hanya digunakan hanya bila waiter memperlihatkan wine dan tetap membukanya dari sebelah kanan.

4. Selalu menyajikan pertama wanita/ anak-anak/ yang paling muda memutar searah jarum jam.

5. Piring yang sudah selesai diambil dari sebelah kanan.

6. Bila ingin mengganti sendok, garpu atau pisau sesuaikan dengan posisi set up. Yang harus dikanan berikan dari kanan dan yang dari kiri berikan dari kiri.
Sebenarnya hal terpenting dari service ini adalah tangan seorang waiter jangan pernah mempunyai posisi untuk menghalangi/ menyentuh duduk tamu. Jadi apabila kita mendapatkan kesulitan posisi dibenarkan untuk menyajikan dari kiri dengan tangan kiri agar siku waiter tidak menyentuh badan tamu.

7. Perhatikan selalu posisi makanan yang ada dipiring bahwa main course harus berada dibawah dan garnish di atas.


JENIS JENIS SERVICE



1. English Service
Waiter akan sangat aktif untuk menyajikan makanan ke tamu karena makanan masih berada di platter. Mereka akan melayani tamu dengan memberikan makanan dari serving dish ke piring tamu.
2. French Service
Waiter akan membawa makanan yang diletakkan ditengah meja. Jadi tamu akan mengambil makanan sendiri.
3. American Service
Makanan akan dipresentasikan langsung dari dapur, dan waiter akan langsung menyajikannya ke tamu. Cara ini paling banyak dipakai restaurant jaman sekarang karena lebih cepat.
4. Russian Service
Mereka menggunakan Trolley/ kereta untuk mempresentasikan makanan untuk tamu di restaurant. Makanan akan disajikan menggunakan Silver/ perak.
5. Gueridon Service
Makanan setengah jadi dari dapur akan diselesaikan didalam restaurant menggunakan troley/ kereta dengan alat pemasaknya (biasanya dengan gas). Keterampilan waiter akan digunakan untuk membuat flambee, memfillet dll dengan sedikit aksi pertunjukan.
6. Silver Service
Sudah pasti semua yang digunakan menggunakan perak. Makanan biasanya diletakkan disatu meja dengan pemanas. Waiter akan membantu anda dengan meletakkan porsi makanan menggunakan sendok dan garpu. Termasuk salah satu yang exclusiv karena peralatan yang dipakai serba perak.
7. Cafetaria Service
Layanan yang banyak ditemui di kampus, rumah sakit dll.Pelanggan biasanya hanya menunjuk makanan yang diinginkannya yang ada didisplay kepada pegawai, dan mereka akan memberikan makanan itu bersama dengan pisau, sendok dan garpu bersama piring dan pesanannya.
8. Buffet Service
Semua makanan akan diletakkan disatu meja panjang dan tamu akan memilih sendiri makanan yang mereka mau atau self service.
9. Room Service
Layanan makanan yang dipesan dari kamar.

2 comments:

mimif jendral said...

thanks tulisannya berguna

ngomong2 ada artikel tentang cara percakapan waiters dengan bahasa inggris? mohon reply

Diemex said...

Belum ada mas mimif,btw terima kasih kunjungannya.Mungkin kedepan saya akan coba tuliskan.