...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Wednesday, August 17, 2011

FIVE STARS WAITER

Sudah jelas bahwa deskripsi seorang waiter adalah menyajikan makanan, akan tetapi menjadi seorang waiter yang biasa-biasa saja, bisa jadi adalah hal yang menjemukan. Seorang waiter dikapal pesiar bisa kita bilang adalah ujung tombak dari semua pelayanan. Waiter akan bertemu tamu pada saat Breakfast, Lunch dan Dinner dengan segala kondisi bad mood ataupun good mood. Begitu mudahnya seorang waiter akan terkena dampak buruk hanya dengan mengernyitkan dahi atau alis. Well...kita lupakan semua itu. Yang pasti menekuni pekerjaan ini dibutuhkan hati dan jiwa yang besar untuk menghadapi karakter orang yang berbeda-beda. Point intinya, cobalah sebisa mungkin menunjukan skill dan profesionalitas untuk hasil akhir mendapatkan segenggam berlian.
Dibawah ini adalah beberapa trick/ extra skill dari waiter-waiter MSC Cruises yang dapat membuat sebuah pekerjaan yang biasa menjadi luar biasa, mereka bisa menjadi seorang teman/ penghibur/ guru ketrampilan, dan pada akhirnya mendapatkan 5 bintang dalam pekerjaannya.

1. Origami
Menunjukan sedikit ketrampilan melipat origami dan memberikannya sebagai souvenir kepada tamu sudah memberikan point dan apresiasi yang besar buat sang waiter. Membuat origami angsa, katak atau bunga dari kertas adalah paling umum.

2. Folding napkin
Semua orang ingin makan dimeja yang cantik, dihiasi dengan sedikit sentuhan dekorasi dari napkin untuk menunjukan class dari service mereka.

3. Magic/ sulap
Sedikit sulap sederhana akan sangat menghibur dan dihargai oleh para tamu. Kekakuan di dinning room akan mencair seiring dengan adanya trick-trick seorang waiter yang sangat menghibur.

4. Crazy Dessert
Dessert suggestion dari seorang waiter mungkin terdengar sangat berlebihan. Tapi mengkombinasi/ mendekorasi/ membuat dessert menjadi wah, bisa jadi membuat tamu yang ingin berdiet melupakan sejenak aturannya dan benar-benar menikmati dinning mereka.

5. Joke
Mungkin tidak semua waiter menguasai suatu bahasa secara spesifik dan sempurna. Akan tetapi sedikit joke walaupun dengan bahasa tarzan, memainkan mimik muka sedikit banyak membuat tamu tersenyum.

6. Singer
Hanya pernah ditemui dalam sejarah restaurant dimana saya bekerja dulu bahwa ada seorang waiter menyanyi solo ala Pavarroti di dalam restaurant dan di manageri oleh seorang restaurant manager.

Seorang waiter adalah pelayan?....iya! Seorang waiter adalah seorang dokter?...iya! Seorang waiter adalah teman?...iya! Seorang waiter adalah penghibur?...iya! Tidaklah salah apabila pada akhir cruise, tamu akan merasa kehilangan sesuatu dari hari-hari mereka. Dan extra pelayanan yang kita berikan sangatlah layak mendapatkan extra pemasukkan. "BE PROFESIONAL,BE A 5 STARS!"

No comments: