...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Sunday, August 28, 2011

KEJU DARI ITALIA

Banyak orang yang hanya mengetahui mozzarella dan parmesan berasal dari Italy karena dapat ditemukan dengan mudahnya disupermarket. Sebenarnya masih banyak varietas cheese yang dapat kita temukan dari cheese yang berumur muda sampai lebih dari 3 tahun. Berikut ini beberapa macam Cheese yang familiar dari Italia.

Soft Italian Cheese
1. Mozarella
Dibuat dari buffalo milk yang berasal dari sekitaran Naples, mungkin cheese yang paling mudah dikenal/ diucapkan seperti orang mengatakan pizza berasal dari Italia. Biasanya fresh mozarella tidak dapat disimpan terlalu lama. Mozzarella dengan kadar air yang tinggi dapat dibuat appetizer atau salad, sedangkan yang lebih low biasanya menjadi topping pizza.

2. Mascarpone
Sweet fresh cheese berasal dari Lombardy Italia, kaya akan cream yang sangat lembut. Sebagai bahan dasar pembuatan Tiramitsu dan Lasagna ataupun dessert yang lain.

3. Riccota
Mirip dengan cottage tetapi Riccota mempunyai rasa yang lebih manis. Sicilia banyak menggunakan Riccota sebagai bahan pembuat dessert. Salah satu yang terkenal adalah Cassata ala siciliana/ Riccota cake dan Cannole.

4. Gorgonzola
Banyak diproduksi di Piedmonte dan Lombardy, memakai bakteri dalam proses pembuatannya. Berasal dari susu kambing, gorgonzola hanya dapat diproduksi ditempat
tertentu ( DOC ). Gorgonzola biasanya dibuat sebagai campuran Rissoto, Beef, ataupun Pasta. Meski baunya sangat menyengat banyak orang menyukai cheese ini.

Semi Soft/Hard Italian Cheese
1. Provolone
Berasal dari Italia bagian selatan, bisa dibilang masih termasuk dari saudara tua Mozzarella karena provolone berasal dari mozzarella yang disimpan lebih lama. Mempunyai beberapa karateristik rasa, Provolone Dolce ( manis ) dan Provolone Piccante ( tajam/ pedas/ spicy ) ada juga Smoked Provolone.

2. Fontina
Berasal dari susu sapi, Fontina telah diproduksi di Lembah Aosta pegunungan Apen sejak abad 12. Fontina sangat mudah meleleh dan memiliki karasteristik rasa sedikit herb dan wild flower.

3. Bel Paese
Nama Bel Paese atau Negara Indah yang berasal dari judul buku yang ditulis Antoni Stoppani. Berasal dari susu sapi, Bel Paese awalnya diproduksi di Melzo sebuah desa kecil didekat Milan ( Lombardy ). Sangat cocok sebagai teman minum fruity wine.

Italian Hard Cheese
1. Pecorino Romano
Berasal dari susu domba ( Pecora ), banyak diproduksi di Lazio dan Sardinia. Selain sangat keras/ dry dan asin cheese ini sangat cocok dimakan dengan pasta, salami ataupun teman minum sweet wine.

2. Grana Padano
Grana Padano adalah salah satu Hard Cheese pertama di dunia yang diciptakan hampir 1.000 tahun lalu oleh para biarawan Cistercian Chiaravalle Abbey, ditemukan pada 1135 didekat Milan. Yang membedakan dengan Pecorino adalah textur dari grana lebih lembut karena seperti butiran gandum yang menyatu/ menggumpal dan harganya masih lebih murah dari pecorino. Grana banyak diproduksi di Lombardy, Piedmont, Trentino, dan Veneto.

3. Parmigiano Reggiano
King of cheese, mulai ditemukan 7 abad yang lalu di provinsi Parma, Reggio Emilia, Modena, bagian dari Bologna sampai Mantova. Berasal dari susu sapi, diproses natural hanya garam yang boleh dicampurkan kedalamnya. Ampas yang dihasilkannya biasanya diberikan untuk makan babi yang dikemudian hari akan diproduksi sebagai Prosciuto di Parma/ Parma Ham.

Selain itu ada 1 Cheese yang sangat terkenal dan unik dari Sardinia Italia.

Cazu Marzu
Berasal dari susu domba, marzu/ marcio/ busuk terkenal karena cheese ini penuh dengan Larva dari telur lalat keju. Larva berupa belatung inilah yang membantu proses fermentasi membuat teksturnya menjadi lembut dan berair. Biasanya cheese Pecorino yang dipakai untuk membuat Cazu Marzu. Cazu Marzu dianggap tidak aman untuk dimakan apabila belatung didalamnya sudah pada mati.

No comments: