...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Monday, August 1, 2011

PELAYAN KOPI DIPAGI HARI



Sudah dipastikan waiter yang handal akan mencoba membuat pekerjaannya lebih mudah. Hal ini banyak saya lakukan pada saat bekerja sebagai waiter. Salah satunya dipagi hari seorang waiter harus cepat melakukan tindakan karena kita tidak bisa mengira-ngira suasana hati/ mood dari tamu atau kita sendiri saat terbangun dari tidur dan makan direstaurant. Greeting dengan ramah akan sangat membantu kita mengurangi gejala sikap negatif yang tidak diinginkan karena bisa dibilang pada saat itu mungkin belum 100% mereka terbangun. Penjelasan dibawah sebagai berikut saya praktekkan saat dikapal pesiar dengan mencoba mengenali tipe tipe breakfast di multi negara.
1. Italia
Orang italia tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk Colazione/ Breakfast. Mereka sangat tidak sabar untuk mendapatkan secangkir coffee/ tea dan croissant/ brioche. Jadi dengan coffee/ tea dan croissant/ brioche atau mungkin ditambah Mix fruit/ Macedonia sudah menyelesaikan tugas kita. Coffee regular yang kita tawarkan mungkin akan dicibir oleh mereka, buat orang Italia coffee adalah expresso, akan tetapi sebagian dari mereka tidak menolak coffee 25% ditambah dengan susu75% atau tea dengan slice lemon. Berhati-hatilah menuangkan coffee/ susu karena kebiasaan mereka yang mengangkat cup saat penuangan akan membuat coffee kamu bisa tumpah. Bersiap siaplah kehabisan stock nuttela karena mereka sangat menggemarinya.
2. Prancis
Orang Prancis bisa dibilang sangat sederhana saja. Jus, Coffee/ tea , bread, croissant/ brioche, butter dan jam/ marmalade. Tidak banyak dari mereka yang mengorder telor dipagi hari.
3. Spanyol
Satu-satunya alasan waiter agak malas menservice orang Spanyol mungkin jam kedatangan mereka yang terlalu lambat direstaurant, dikarenakan kebiasaan jam makan yang berbeda dengan negara lainnya. Jus, coffee/ tea, nescafe sachet, bread/ toast, olive oil, cold cut meat & cheesse dan mungkin omellete/ fried egg.
4. Jerman
Orang jerman bisa dibilang sangat disiplin dipagi hari. Saat restaurant buka biasanya mereka sudah berdatangan lebih dahulu dibandingkan bangsa lainnya (Mungkin waiternyapun belum sempat ngopi...he..he..). Mereka akan banyak mengkonsumsi kopi regular atau apapun coffee yang bisa kamu sajikan dihari yang masih sangat pagi 4-5 kali. Biasanya mereka akan memakan telur terlebih dahulu baru makanan laennya. Bread, Pumpernickel (sejenis rye bread special dari Jerman), Muesli/ Bircher Muesli/ Cornflakes, Cold cut & Cheesse, Yoghurt, Mix Fruit/ Macedonia.
5. Amerika & Inggris
Selain cara menservice dengan urutan dari dingin ke panas. Banyak waiter menghindari menservice orang Amerika. Dibutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan makan pagi mereka. Sangat beruntung apabila kita mendapatkan tamu Amerika dimeja kita adalah orang yang simple/ easy going. Jus, coffee/ tea dengan air yang masih mendidih, cup yang panas, dan harus kita tanyakan dulu apakah menginginkannya sekarang atau nanti daripada kita harus bekerja duakali karena mereka akan bilang bahwa "my coffee is cold" selama mereka menunggu. Saat mengorder telor banyak dari mereka yang membuat kombinasi telor ala mereka sendiri. Jadi lebih berhati-hati akan membantu kita menghindari form poor. Jangan lupa untuk mengecheck special of the day dikitchen untuk memastikan apa yang akan kita sajikan dan punya untuk Breakfast hari itu! (baca lebih lanjut di American breakfast)
Service Breakfast pada intinya jangan biarkan cup mereka kosong, butter,jam & marmalade, bread/ croissant minimal harus tersedia dihadapan tamu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti ilmu rakyat apabila perut kosong mereka akan berbicara dan apabila perut kenyang mereka akan bisa menahan diri.

No comments: