...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Friday, August 26, 2011

JENIS KEJU

Banyak orang percaya bahwa cheese pertama kali ditemukan oleh seorang pengembara dari Timur Tengah. Dalam suatu perjalanan si pengembara mengisi kantung pelana kudanya dengan susu menyeberangi padang pasir. Beberapa jam kemudian sang pengembara beristirahat dan menemukan bahwa susu yang dibawanya telah berubah menjadi encer dengan gumpalan kecil putih. Gumpalan itu terjadi karena proses enzim dari pelana kulit yang terkena panas dan terkocok/ teraduk secara tidak sengaja karena langkah kuda.
Berikut adalah daftar singkat dari berapa jenis keju yang dapat kamu temukan di dunia. Jenis keju dikelompokkan menurut kategorinya:
1. Age/ Umur
Bisa juga dibilang Fresh Cheese
- Cottage Cheese
- Cream Cheese
- Mascarpone
- Mozzarella
- Ricotta
2. Tekstur
Biasanya Cheese berumur diklasifikasikan lebih lanjut sesuai dengan tekstur,
- Hard cheese:
Cheddar, Cheshire, Gloucester, Grating cheese seperti Pecorino Romano, Grana Padano
- Semifirm cheese:
Meliputi Swiss style seperti Emmental dan Gruyère. Terproses dari bakteri yang yang memberikan keju seperti mata/ lubang yang berkontribusi terhadap rasa mereka aromatik dan tajam. Edam, Jarlsberg dan Cantal. Keju jenis ini ideal untuk mencair dan sering disajikan di atas roti panggang sebagai snack atau makanan sederhana.
- Semisoft cheesse:
Semisoft cheesse dan kelompoknya, memiliki kandungan kelembaban yang tinggi dan cenderung hambar di rasa. Beberapa varietas yang terkenal seperti Havarti, Munster dan Port Salut.
- Soft cheese
Beberapa jenis soft cheese ada yang diluar kulit agak keras tetapi soft/ meleleh didalamnya dan beraroma. Brie, Camembert, Gorgonzola, Blue cheesse, Roquefort, Stilton
3. Proses dan metode pembuatan
Faktor yang mengontrol kekerasaan cheese dengan kadar air, tekanan pada saat pencetakan dan waktu penuaan.
4. Lemak
-reduced-fat
-fat-free cheeses
-Imitation cheese
5. Jenis susu
- goat milk/ kambing
Disebut juga chevre, adalah produk keju yang dibuat dari susu kambing. Keju kambing datang dalam berbagai bentuk, meskipun yang paling umum adalah keju lembut, mudah menyebar/ spread. Keju kambing juga bisa dibuat dalam varietas usia keras seperti feta. Keju kambing umum di Timur Tengah, Afrika, dan beberapa negara Mediterania, di mana kambing hardy bertahan di daerah di mana sapi tidak bisa.
Keju kambing khas karena rasa tajam dari susu kambing. Kadang-kadang rasa ini sangat kuat dan tidak semua menyukai dari baunya. Dalam beberapa kasus rasa adalah yang dicari. Rasa kambing yang kuat disebabkan oleh hormon, yang akan berkurang jika si kambing penghasil susu dijauhkan dari kambing pejantan. Selain itu, seperti semua produk hewani, susu kambing sangat dipengaruhi oleh apa yang kambing makan. Karena kambing memiliki sistem pencernaan hardy, mereka cenderung makan banyak tanaman pahit yang tidak dilakukan sapi dan kuda.
- cow milk/ sapi
Susu sapi mungkin paling dikenal sebagai sumber kalsium yang sangat baik. Kalsium diakui karena perannya dalam mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Susu sapi sebagai bahan dasar keju, membuat tulang yang kuat dan menjadi sumber yang mengandung vitamin D, kalsium dan sumber vitamin K, tiga nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang.
- ewe milk/ domba betina
Susu domba betina mempunyai kandungan lemak lebih tinggi dibandingkan susu sapi atau kambing. Susu domba juga lebih tinggi kalsium, Vitamin C dan E daripada susu sapi. Gelembung-gelembung lemak yang lebih kecil dalam susu domba memiliki keuntungan lain yang membuat susu domba lebih mudah dicerna bagi sebagian orang termasuk mereka dengan intoleransi laktosa.
6. Wilayah dan negara
- Africa
- Asia
India Cheese
Bandel, Paneer
Japan Cheese
Sakura
Nepal dan Tibet Cheese
Chhena, Ragya Yak, Tibet
- North America
cream cheese
- Central America
Mexico Cheesse
Panela (Queso de Canasta), Queso Blanco, Queso Quesadilla, Cotija (Queso Anejado)
- South America
Argentina Cheese
Reggianito, Sardo
Brazil Cheesse
Minas, Catupiry, Queijo Coalho, Requeijao, Queijo de Brasilia
Chile Cheese
Chanco, Panquehue
- Europe
Italian cheese
Mozzarella, Gorgonzola, Pecorino, Scarmoza, Mazcarpone, Provolone
French cheese
Crottin de Chavignol, Camembert, Brie de Meaux, Roquefort, Boursin, Reblochon, Munster, Pont l'Evèque, Epoisses, Chèvre, Tomme de Savoie
Spanish cheese
Cabralez, Manchego
USA cheese
Brick, Jack Cheese, Crowley, Colby
-Australia and South Pacific
Pyengana Cheddar, Polkolbin, Windsor Blue


No comments: