...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...
Will you listen my Glam Rock demo???...... Click the pic & play
Click for mp3

Monday, June 27, 2011

MENGENAL JENIS DAN KONSEP SUATU RESTAURANT



Ada berbagai jenis restaurant, dan klasifikasinya dibedakan berdasarkan menu, metode persiapan dan harga. Selain itu, bagaimana makanan yang disajikan kepada pelanggan membantu untuk menentukan klasifikasinya. Secara historis, yang bisa diklasifikasikan sebagai restaurant adalah suatu tempat yang menyiapkan dan menyajikan makanan minuman untuk pelanggan dengan imbalan uang. Makanan biasanya disajikan dan dimakan di tempat, tetapi banyak juga restoran yang menawarkan take-out dan jasa pengiriman makanan.
Berikut ini adalah jenis jenis dan konsep restaurant yang populer saat ini.



1. FAST FOOD
Menawarkan menu yang terbatas, makanannya sudah disiapkan terlebih dulu, dimasak dalam jumlah besar dan disimpan panas. Biasanya kita harus memesan dan mengambil sendiri pesanan kita, meskipun duduk juga bisa. Restaurant cepat saji biasanya adalah bisnis waralaba. Kata "fast food" dimasukan dalam kamus oleh Merriam-Webster tahun 1951.McDonald dan KFC adalah beberapa bisnis waralaba terkenal didunia. Keunggulannya ada dikecepatan. Apabila kamu ingin membuka bisnis waralaba ini biayanya akan lebih mahal daripada membuka restaurant independen.



2. FAST CASUAL
Sebuah restaurant kasual cepat adalah jenis restoran yang tidak menawarkan layanan meja penuh tetapi menjanjikan kualitas makanan dan suasana yang lebih dari sebuah restoran cepat saji tapi masih dibawah Casual dinning. Ini adalah konsep yang relatif baru. Biasanya kita bisa melihat proses makanan kita dibuat.



3. CASUAL DINNING
Restaurant yang melayani hampir semua jenis orang. Orang-orang pergi di sini untuk dapat memiliki banyak pilihan makanan dan menikmati suasana santai. Harga makanan di restaurant ini biasanya tidak begitu tinggi. Kamu akan mendapatkan pelayanan meja disini.



4. FAMILY STYLE
Memiliki banyak pilihan menu dari untuk anak anak sampai dewasa. Biasanya banyak mempunyai meja yang besar.


5. FINE DINNING
Restaurant dengan layanan penuh dengan makanan yang lebih spesifik, khusus dan berkelas.Biasanya dari dekorasi restaurantnya saja sudah berkualitas tinggi dengan suasana elegant yang ingin diciptakan oleh restaurant tersebut. Waiter sangat terlatih dan memakai pakaian yang lebih formal. Chef yang sudah sangat profesional akan memberi sentuhan dan racikan masakan yang mahal tapi layak untuk dinikmati. Restoran fine dining memiliki aturan tertentu yang harus diikuti oleh pengunjungnya.

Beberapa dibawah ini yang bisa diklasifikasikan sebagai Fast casual dinning atau Casual dinning.



1. Bistro dan Brasserie
Sebuah bistro adalah nama akrab untuk kafe melayani makanan sederhana dengan harga menengah. Di Paris, bistro telah menjadi semakin populer dengan turis. Ketika digunakan dalam bahasa Inggris, istilah bistro biasanya menunjukkan baik restaurant makan cepat santai dengan menu Eropa atau kafe dengan menu makanan yang lebih komplit dan lebih murah. Brassarie lebih dikenal cafe dan juga menyediakan beberapa pilihan makanan.



2. Buffet
Buffet/ Prasmanan memiliki menu yang lebih komplit dan rumit. Biasanya kita harus mengambil sendiri makanannya yang telah disiapkan disatu counter dengan berbagai macam pilihan makanan dari makanan pembuka/appetizer, salad, soup, main course sampai penutup/dessert. Waiter biasanya hanya akan membersihkan meja dan mengambil pesanan minum saja.



3. Café
Biasanya menawarkan berbagai makanan dan terutama sandwich. Banyak cafe yang buka untuk melayani sarapan. Di beberapa daerah cafe menawarkan tempat duduk terbuka.



4. Cafetaria
Cafetaria/ Kantin adalah sebuah restoran yang menyajikan makanan dan penjaganya biasanya akan berada dibalik counter untuk menyiapkan/ memberikan makanan kepada kita. Terkadang ada juga yang menyediakan pelayan.


5. Coffeehouse
Kedai kopi kasual tanpa layanan meja yang menekankan kopi dan minuman lain, biasanya pilihan terbatas makanan dingin seperti kue dan mungkin juga sandwich. Yang membedakan mereka adalah, bahwa tempat mereka memungkinkan pelanggan untuk bersantai dan bersosialisasi di tempat mereka untuk jangka waktu yang lama tanpa tekanan untuk meninggalkan sesegera setelah makan, biasanya tempat ini paling sering dipilih sebagai lokasi untuk pertemuan.
------------------------------------------------------------------------------------
Selain itu ada berbagai jenis restaurant yang juga sangat menjadi daya tarik.


1. Mongolia barbeque
Sebenarnya berasal dari Taiwan dan terinspirasi oleh Teppanyaki Jepang. Kita harus mengambil pilihan makanan secara prasmanan. Makanan kemudian diserahkan kepada juru masak yang akan menumis makanan dan memberikannya lagi kepada kita setelah masakan jadi.


2. Pub
Sangat populer terutama di Inggris, Pub/ Public House adalah bar yang kadang-kadang juga melayani makanan simple. Pub lebih menjual minuman ketimbang makanan, akan tetapi pub modern jaman sekarang banyak bergantung pada makanan juga. Dengan berkembangnya bisnis restaurant, mereka menggabungkan Pub dan Resto bersama. Ciri khas pub khas memiliki banyak pilihan bir,liqueor dan soda.


3. Teppanyaki style
Menunggu masakan sambil menyaksikan aksi sang Chef memasak didepan kita. Tempat untuk memasaknya mirip dengan yang dipakai Mongolian Barbeque.

No comments: