...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Monday, August 29, 2011

SPESIFIKASI WINE

Berhubung yang saya pelajari dahulu adalah wine-wine yang berasal dari Italia, maka penjelasan dibawah ini lebih terfokus pada wine dari daerah mereka.
Ada 4 klasifikasi wine yang jadi acuan untuk memproduksi wine di Italia berdasarkan kualitas wine dari daerah yang lebih spesific.
1. Vino da Tavola
Wine yang diproduksi tanpa mementingkan spesifik jenis anggur/ tempat tumbuh yang dipakai selama masih dihasilkan dari Italia.
2. Indicazione Geografica Tipica (IGT)
Menunjukkan wine berasal dari daerah geografis tertentu. Sebutan ini diciptakan pada tahun 1992 untuk anggur yang dianggap berkualitas lebih tinggi dari Vino da Tavola. Tapi banyak juga wine yang bagus dalam klasifikasi ini karena hanya menghindari ketatnya peraturan dari DOC atau DOCG.
3. Denominazione di origine Controllata (DOC)
Pada dasarnya setara dengan klasifikasi wine Prancis, Sebutan d'origine Controlee (AOC). Wine yang termasuk dalam kategori DOC harus dibuat dalam ketentukan, zona ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan peraturan khusus, dimaksudkan untuk melestarikan karakter anggur yang unik berasal dari masing-masing daerah di Italia.
Red : Lambrusco,Montelpuciano, Aglianico,Campi Flegrei,Cinque Terre,Dolceto d' Alba,Valpollicella
White: Soave,Chardonnay,Pinot Grigio,Santa Cristina
4. Denominazione di origine Controllata e Garantita (DOCG)
Wine hanya boleh berasal dari daerah geografis, zona dan jenis wine tertentu saja yang bisa masuk dalam klasifikasi ini. Untuk menjadi DOCG minimal mereka sudah berklasifikasi menjadi DOC selama 5 tahun. Sudah pasti wine yang diproduksi dengan kualitas first class karena produksi dari kualitas wine ini sangat ketat dan terbatas.
Red : Barolo,Barbaresco,Brunello d' Montalcino,Chianti Classico,Barbera d Asti,Nobile de Montelpuciano
White: Soave, Gavi, Moscato d'Asti

Ada beberapa istilah lain yang menggambarkan sedikit lebih banyak tentang asal-usul, produksi atau rasa wine di Italia.
- Frizzante = Lighly sparkling atau mengandung carbondioksida membuat wine tampak bersoda ketika dituangkan. ( Lambrusco )
- Spumante = Spumante/ berbusa adalah sparkling wine dari Italia. Mempunyai rasa dry, sweet and semi sweet. Proses pembuatannya hampir sama dengan Champagne,yang membedakannya hanyalah karena hukum menyatakan label Champagne hanya dapat dihasilkan dari jenis anggur yang hanya ada di region Champagne di Prancis. ( Asti, Prosecco )
- Classico = berasal dari bagian tertentu yang lebih spesifik dari zona produksi
- Superiore = biasanya berarti kadar alkohol yang lebih tinggi
- Riserva = menandakan umur yang lebih lama/ tua
Wine yang diproduksi di setiap wilayah Italia telah berlangsung selama beberapa generasi. Kebun anggur yang indah dapat ditemukan di seluruh negeri, banyak dari mereka dengan sejarah yang panjang dari generasi ke generasi. Sebagai bagian penting dari budaya Italia, seharusnya tidak mengherankankan apabila hukum yang sangat ketat harus dan tetap dilaksanakan untuk menjaga reputasinya.

No comments: