...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...
Will you listen my Glam Rock demo???...... Click the pic & play
Click for mp3

Tuesday, December 6, 2011

METODE MEMASAK


Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk memasak bahan makanan. Cara memasak tersebut akan memudahkan bagi pelanggan untuk mengetahui bagaimana metode pengolahan jenis makanan tersebut sebelum mereka memutuskan untuk memesan atau tidak makanan yang tertulis dari menu yang dibacanya.

1. Frying
dibagi menjadi 3 macam cara penggorengan:
- Deep frying, menggoreng dengan minyak agar makanan semua terendam dan tergoreng matang, biasanya menggunakan alat deep fryer. Contoh: french fries, ayam goreng, etc
- Pan frying, menggoreng dengan pan/ wajan dengan minyak yang tidak terlalu banyak. Contoh: menggoreng telur, ikan, steak, etc.
- Stir Frying, menggoreng dengan pan/ wajan dengan sedikit minyak untuk mencampur semua bahan baik sayur atau daging dengan cara memutar/ menggoyang/ menggerakkan dengan api yang panas tanpa membutuhkan waktu yang lama. Contoh: Chop soy/ capcay, beef stir fry, etc
2. Boiling
Memasak dengan cara merebus makanan kedalam air yang mendidih. Contoh: telur rebus, kentang, sayuran, etc.
3. Steaming
Memasak makanan dengan memanfaatkan uap dari air yang mendidih dengan alat steamer. Pengolahan makanan dengan cara steaming lebih baik daripada boiling karena nutrisi dan vitamin yang hilang sangatlah minim. Contoh: Nasi, ikan, dim sum, brokoli/ sayuran.
4. Sauteing
Memasak dengan cara menggoreng dan mencampur bahan-bahan makanan dengan menambah saus demiglaze atau saus lainnya hingga berubah warna menjadi agak kecoklatan dengan pan/ wajan. Yang membedakan dengan pan frying adalah, biasanya pan frying hanya memasak makanan dengan dua sisi sedangkan sauteing makanan akan tercampur semua dengan saus.
5. Baking
Memasak makanan dengan cara memasukan kedalam oven dengan temperatur yang sangat panas. Contoh: roti, cake, pastries, buah, lasagna, etc.
6. Roasting
Memasak dengan cara memasukan makanan kedalam oven dengan pan/ rack dan temperatur yang telah diset low ataupun hot level sampai makanan matang. Biasanya meat, poultry, kebab atau bisa juga root. Hasil dari caramel/  minyak/ juice yang keluar dari meat dipakai sebagai gravy.
7. Broiling & Grilling
Memasak makanan dengan cara memanggang atau membakarnya langsung ke sumber panas sampai kematangan yang diinginkan. Yang membedakan broiling dan grilling hanyalah, broiling daging diletakkan diatas pan atau rack, grilling langsung dipanggang diatasnya.
Cara memasak yang mirip dengan boiling, hanya saja sangat sulit untuk membedakan antara simmering dengan boiling karena hanya perbedaan didih dari temperatur air sistem simmering yang lebih rendah daripada boiling. Hasilnya akan terlihat berbeda setelah proses pemasakan.
 8. Simmering
Cara memasak yang hampir sama dengan boiling, hanya saja yang membedakannya adalah temperatur didih air boiling yang lebih tinggi atau panas daripada sistem simmering. Hasil perbedaanya akan terlihat setelah proses pemasakannya selesai.

No comments: