...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...
Will you listen my Glam Rock demo???...... Click the pic & play
Click for mp3

Wednesday, June 22, 2011

BAGAIMANA MENJADI WAITER YANG BAIK


Ada dua kunci untuk menjadi pelayan yang baik. Pertama, kamu perlu memahami menu restoran dan kedua kamu harus terorganisir. Menunggu di meja bukanlah skill yang tinggi, tapi berurusan dengan publik tentu dapat menimbulkan stres dan pada umumnya masyarakat belum tentu pada perilaku terbaik saat mereka lapar.
Hal hal yang perlu dilakukan:

1.
Kenali restoran tempat kamu bekerja. Tahu jam operasional, pemilik, manajer, dan sedikit sejarah dari restoran akan membantu juga. Suatu saat pertanyaan akan muncul dari pelanggan dan semakin banyak kamu tahu tentang hal ini semakin mudah menjawab pertanyaan pelanggan.

2. Tahu
dan kenali menu. Memiliki setidaknya pemahaman umum tentang bagaimana hidangan yang akan disajikan serta bahan dasar untuk memasaknya.


3. Mengembangkan pengetahuan
bar. Beberapa koktail membutuhkan pertanyaan. Martini, misalnya, on the rock atau tidak, seperti juga gin atau vodka,kemudian dengan hiasan zaitun atau twist lemon. Mengetahui pilihan tentang anggur/wine yang kering/dry dan anggur yang manis/sweet, serta perbedaan antara cabernet merlot, Chardonnay atau Fume Blanc.


4. Mengetahui
makanan favorit. Mengetahui makanan yang ada di restoran yang enak dan apa yang kurang . Arahkan pelanggan sesuai dengan keinginannya dengan sedikit suggest darimu. dari memesan koktail appetizer, salad, ikan, steak, ayam, makanan penutup, anggur dll.


5. Hormati
dan hargai pelanggan Anda. Perlakukan mereka seolah-olah mereka adalah tamu di rumah Anda. Dengan bersikap baik dan sopan akan menjadikan mereka sulit untuk marah atau complaint karena bagaimana kamu akan merasa kecewa/marah dengan orang yang bersikap baik kepadamu. Selalu mengandaikan bila kamu adalah pelanggan yang duduk disitu. Jangan pernah memperlakukan mereka dengan jijik atau seolah-olah mereka adalah mengganggumu.


6
. Ulang orders. Ketika selesai mengambil pesanan/taking orders, ulang kembali pesanan mereka untuk menghindari kesalahan. Ambil catatan yang jelas. Kesalahan bisa terjadi, tetapi sebagian besar dapat dihindari dengan berhati-hati. Kesalahan pesanan memang dapat diganti akan tetapi membutuhkan waktu. Hanya menunggu beberapa menit saja pelanggan akan merasa steak yang dibakar 10 menit seperti menunggu sangat lama.

TIPS menjadi Super Waiters

1. Cek dirimu dari kebersihan baju , sepatu dan bebas dari bau badan.

2. Kontrol kebersihan dan kelengkapan peralatan distation (meja, kursi, menu, gelas,
cuttleries) untuk bekerja sebelum pintu restoran dibuka.

3. Sambut dengan senyuman yang hangat kepada tamu dan sebisa mungkin dudukan mereka, bukakan napkin, berikan menu dan tawarkan minuman untuk mereka.

4. Ambil orders/pesanan mereka dimulai dari anak kecil, orangtua dst. Jangan lupa mengulang kembali pesanan mereka untuk menghindari kesalahpahaman. (Sebisa mungkin jelaskan menu secara singkat, jelas dan mudah dibayangkan bagi tamu) Disinilah point kamu sebagai seorang waiters. Pengetahuan akan menu akan mempermudah kerjamu.

5. Selalu berbicara tegas dan dengan kontakmata.

6. Jangan terlalu dekat dengan tamu secara pribadi karena saat mereka duduk dimejamu, berarti mereka adalah tamu yang membutuhkan pelayanan/service.

7. Setelah makanan datang sajikan secepatnya terutama makanan yang panas agar tidak dingin.

8. Selalu berada tidak jauh dari meja makan agar bisa mengontrol minuman atau mungkin mereka membutuhkanmu
untuk hal lain.

9. Jangan memburu tamu seakan kamu sudah akan mengakhiri cepat-cepat.

9. Setelah membersihkan semua, tiba saatnya kamu menawarkan dessert atau penutup. Jangan biarkan tamu pergi tanpa alasan sebelum dessert tersaji/ditawarkan.

10. Akhirnya adalah paytime. Setelah semua kerja kerasmu mungkin mereka yang bersimpati dan puas akan servicemu akan memberi sedikit hadiah.




No comments: