...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Wednesday, September 21, 2011

TRAGEDI KAPAL PESIAR


RMS TITANIC
Kapal terbesar dan tercanggih milik White Star Line yang dibuat Harland and Wollf di Belfast,Ireland.Berangkat dari Southampton menuju New York City membawa 2.227 penumpang tenggelam 4 hari kemudian pada tanggal 14 April 1912 setelah menabrak gunung es.Kejadian itu menewaskan 1.517 orang.Titanic menjadi Legenda karena banyaknya korban,proses tenggelamnya dan banyak merubah sistem/peraturan baru tentang kelautan.Human Error banyak disangkut pautkan dengan kasus ini.Titanic hanya mempunyai perahu penyelamatan berkapasitas 1.178 orang.

MS ACHILLE LAURO
Sempat tertunda peluncurannya karena World War 2.Achille Lauro mengalami banyak tragedi sebelum tenggelamnya.Pada 7 Oktober 1985 dalam perjalanannya dari Alexandria menuju Port Said,4 orang mengaku Palestine Liberation Front(PLF) berhasil mengambil alih kapal.Mereka.Dengan menyandera penumpang dan crew kapal mereka berlayar menuju Tartus Syria.Mereka menuntut dibebaskannya 50 warga Palestina yang ditahan Israel.Pembajak berhasil membunuh Leon Klinghoffer warga Amerika-Yahudi dan membuang tubuhnya ke laut.Setelah 2 hari proses negoisasi akhirnya mereka menyerah.
Pada tahun 1987 Achille Lauro dari Lauro Lines diambil alih oleh MSC(Mediterannean Shipping Company) dengan nama Star Lauro.Star Lauro tenggelam didekat kepulauan Somalia.Kebakaran itu api teridentifikasi dari rokok seorang official dari Italy.Setelah beberapa jam mereka berusaha memadamkan api akhirnya kapal tenggelam pada 2 Desember 1994.




MS SEA DIAMOND
Dibuat pada tahun 1984 oleh Valmet,Finland,kapal milik Louis Hellenic Cruise Lines tenggelam pada 5 April 2007 setelah menyenggol dinding karang di Santorini Yunani.2 orang dilaporkan hilang dan diasumsikan telah meninggal.


MV MELODY
Kapal milik MSC(Mediterannean Shipping Cruise) yang dibeli dari Premier Boat Lines yang dulu bernama Atlantic(Big Red Boat) pada tahun 1997 mendapatkan serangan bajak laut di perairan Somalia.Bajak laut Somalia yang menembaki kapal yang berisi sekitar 1500 penumpang mencoba mendekati dan memanjat dengan tangga dengan perahu kecil.Aksi yang tergolong gila.MSC adalah satu-satunya kapal pesiar yang menggunakan Israel Private Security yang sudah mempunyai ijin memakai senjata api.Security membalas dengan tembakan api dan menyemprot mereka dengan water hose/water canon membuat bajak laut itu mengurungkan niatnya.Tidak ada korban dalam penyerangan itu.


CARRIBEAN PRINCESSS
1 April 2007 terjangkit virus norovirus/norwalk.79 penumpang dan 4 crew terindikasi.


QUEEN ELIZABETH 2
January 2007 terjangkit virus norovirus/norwalk.17% (276 dari1652) penumpang dan 28 crew terkontaminasi virus ini.


MILLENIUM
Pada akhir Agustus 2007 sekitar 500 penumpang terjangkit virus norovirus/norwalk dan tidak terhitung jumlah crew yang tertular.


LIBERTY OF THE SEAS
Akhir May 2007 sekitar 200 penumpang dan 10 crew terkontaminasi norovirus.
Virus ini gejalanya seperti muntah,demam,diare.masa inkubasi 24-48 jam.


CARNIVAL SPLENDOUR
Membawa 4.500 penumpang,kapal pesiar seharga $697jt mengalami kebakaran mesin dibarat kepulauan Mexico November 2010 lalu.Kebakaran ini mengakibatkan power kapal lumpuh dengan tidak berfungsinya AC,Dapur dan toilet.US Navy harus mengirimkan bantuan dengan menggunakan helicopter.Setelah 4 hari terkatung di samudra akhirnya Splendour berhasil ditarik dengan tugboat yang dikawal U.S Coast Guard menuju San Diego Bay.Dilaporkan 3 orang harus dirawat karena panik.Diduga mesin dirancang kurang sempurna karena tidak seharusnya apabila 1 mesin gagal,kapal akan kehilangan seluruh power.


COSTA CLASSICA
Tragedi ini berawal dari bersenggolannya kapal Costa dengan kapal Cargo pada tanggal 18 september 2010 pada perjalanan pulang dari jepang menuju shanghai. Tidak ada korban jiwa tetapi dilaporkan beberapa penumpang mengalami luka-luka.


COSTA CONCORDIA
Kapal Pesiar Costa Concordia kandas di dekat Island of Giglio Italy setelah menabrak batu karang pada pertengahan January 2012. Kepanikan yang terjadi membuat beberapa dari korban yang memilih berenang 400 meteran menuju daratan karena proses evakuasi ke perahu penyelamat yang memakan waktu yang lama dan posisi kapal yang miring sangat menyulitkan untuk melaunching lifeboat. Benar-benar kecelakaan ini adalah hal yang seharusnya tidak terjadi di abad 21 sekarang ini. Kapten dari kapal ini Francesco Schettino melarikan diri sebelum semua penumpang kapal pergi meninggalkan kapal Costa Concordia. Klik untuk berita selengkapnya. Klik disini!!



THOMSON MAJESTY
5 orang crew member tewas dalam kecelakaan rutin simulasi safety drill di Thompson Majesty pada saat mereka bersandar di Santa Cruz de Tenerife Canary Island 11 February 2013. Korban 3 orang berasal dari Indonesia dan 2 lainnya dari fiipina dan ghana.3 orang lainnya dilaporkan hanya terluka.Tidak ada penumpang yang ikut terlibat di kecelakaan ini. Sampai saat ini dilaporkan bahwa penyebab terjadinya kecelakaan adalah winch/ tali kerek putus dan mengakibatkan lifeboat terjatuh.


CARNIVAL TRIUMPH
Kapal pesiar ini mengalami kebakaran di mesinnya yang sempat mengakibatkan hampir semua sistem kelistrikan mati. Tidak ada kitchen, air panas, elevator/lift, toilet tak berfungsi, AC dan sebagainya sampai pada akhirnya mereka berhasil menyalakan sebagian kerusakan. Pada tanggal 10 February 2013, kapal yang berangkat dari Galveston, texas menuju Cozumel,Mexico membawa 3.143 tamu dan 1.806 crew akhirnya berhasil bersandar 4 hari kemudian di Poty Mobile, Alabama. Penumpang kapal tersebut menerima ganti rugi semua biaya booking, tiket pulang dan $500.

No comments: