...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Sunday, September 25, 2011

MENGENAL NAMA DAN JENIS SOUP



Soup adalah makanan yang disajikan setelah appetizer, jenisnya dapat dibedakan menjadi :
1. Thick soup
Thick soup/ soup pekat diklasifikasikan tergantung pada macam pekat tidaknya digunakan: purees adalah sup sayur dikentalkan dengan pati, bisques terbuat dari purees dari shellfish/ kerang atau sayuran dikentalkan dengan cream. Cream soup dikentalkan dengan cream+saus Bechamel ( melt butter+milk+flour ), dan veloutés yang dikentalkan dengan egg, butter dan cream.
2. Clear soup
Clear soup atau consomme atau juga bouillon adalah liquid berkaldu/ broth yang dapat terbuat dari base sayuran, ayam atau daging.

3. Cold soup
Cold/ Chilled soup biasanya kita temui dengan fruit flavour ataupun vegetables.
Ada juga di France yang membedakan soupe itu lebih liquid, Potage lebih creamy, Bouillon yang berisi hanya basenya saja.
Dibawah ini beberapa soup yang biasa kami sajikan direstaurant tempat saya bekerja,

1. Bouillabaisse
Bouillabaisse adalah sup seafood dibuat dari berbagai jenis ikan yang dimasak dengan kerang, mullet, mussel, monkfish lobster dan sayuran dll. Berasal dari Marseille dan sangat terkenal di Mediterranean.

2. Minestrone
Soup atau bisa juga sebagai pengganti pasta, bahan umumnya termasuk Beans/ kacang-kacangan, pasta, bawang, seledri, wortel, saham, dan tomat.

3. Gazpacho
Gazpacho adalah soup sayuran mentah yang berbahan dasar Tomat yang berasal dari wilayah selatan Andalucía Spanyol.

4. Clam chowder
New England clam chowder, dibuat dengan kentang dan krim, dan Manhattan clam chowder, dibuat dengan bahan dasar tomat.

5. Vichyssoise
Berasal dari France dan terbuat dari daun bawang, bawang, kentang, cream, dan kaldu ayam. Biasanya disajikan dingin, tapi bisa juga dimakan panas.

6. Borscht
Berasal dari Ukraine, soup berbahan dasar beetroot ini bisa disajikan hot atau cold.

7. Bisque
Thick soup yang lembut dibuat dari lobster, udang, kepiting.

8. Caldo Verde
Caldo verde berasal dari Provinsi Minho di utara Portugal, Bahan dasar untuk caldo verde adalah kentang, bawang dan kale (sejenis cabbage). Bahan tambahan yang umum adalah bawang putih, garam, dan olive oil dan bisa ditambahkan daging dan irisan linguiça/ sosis.

9. Tortellini in brodo
Clear soup yang berisi pasta tortellini didalamnya.

10. Petite Marmite
Marmite menggunakan kaldu ayam dan daging daging sapi di dalamnya, biasanya terbuat dari daging sapi, ayam, tulang sumsum dan berbagai sayuran.

11. Canja de galinha
Canja de galinha adalah sup ayam yang populer dari masakan Portugis dan Brasil. Bahan dasar termasuk tomat pasta, ayam, kentang, wortel, nasi.

12. French onion soup
Terbuat dari bawang dan kaldu daging sapi dan disajikan dengan crouton dan keju sebagai topping.

Tips waiter: Sangatlah dianjurkan bagi seorang waiter untuk mengetahui bahwa dari beberapa pilihan soup yang ada dalam menu, waiter mengetahui jenis soup itu cream, veloute, consomme atau dengan kata lain liquid atau creamy.

No comments: