...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...
Will you listen my Glam Rock demo???...... Click the pic & play
Click for mp3

Friday, June 24, 2011

MENGENAL BEBERAPA JENIS STEAK YANG POPULER






1. Filet mignon sangat ramping dan lembut. Termasuk salah satu menu steak termahal. Berasal dari potongan tenderloin.Tenderloin adalah potongan daging yang paling lembut(karena itu biasanya paling mahal. Pada sapi atau babi, tenderloin dapat ditemukan di tengah-tengah bagian belakang antara sirloin dan tulang rusuk/rib. Tenderloin sangat lembut karena otot-otot yang membentuk tenderloin jarang digunakan oleh sapi. Jika daging tenderloin kita potong-potong lagi, akan dinamakan steak fillet mignon.


2. T-Bone adalah potongan tulang di steak dari pinggang pendek. Dipotongan ini memiliki tulang yang berbentuk T yang memisahkan bagian tenderloin dari bagian yang lebih besar dari pinggang atas. Dagingnya tidak selembut/tender porterhouse.


3. Porterhouse adalah steak besar dari ujung tebal pinggang pendek yang masih menyisakan tulang berbentuk T dan potongan besar tenderloin. Porterhouse steak adalah salah satu jenis yang paling populer steak.Yang membedakannya dengan T-Bone adalah ukuran Porter lebih besar.


4. Salisbury steak tidak seperti steak pada umumnya melainkan burger dari daging sapi yang dicacah dicampur, bawang, remah-remah (biasanya roti), dan kadang dengan jamur. Juga dikenal sebagai "Hamburger Steak" atau "Steak Menit" (karena waktu memasak yang lebih pendek). Biasanya dibuat dari daging yang kualitasnya lebih rendah.



5. Sirloin potongan dagingnya diambil dari dekat pantat. Daging sirloin terasa lebih keras dari potongan yang diambil dari pinggang/loin atau tulang rusuk/rib.



6. Tri tip/Club potongan tanpa tulang dari pinggang pendek di sebelah ujung tulang rusuk. Dikenal dengan nama lain Triangle steak.



7. Rib-Eye adalah potongan tulang rusuk sapi. Rib-eye adalah salah satu steak yang paling populer, juicy dan mahal di pasar. Daging lembut dari bagian rusuk/rib lebih berlemak. Lemak ini yang menyebabkan dagingnya lebih beraroma. Steak rib-eye juga disebut Fillet Scotch.


8. Chateaubriand steak biasanya disajikan untuk berdua. Potongannya diambil dari ujung bawah dari Tenderloin. Dari potongan itu kadang masih terdapat daging Sirloin menempel.


9. Strip atau Top Loin adalah daging Porterhouse atau T-bone steak yang telah dilucuti tulangnya dan diambil dari bagian tenderloin pilihan.


10. Flank steak dipotong dari bagian bawah bawah. Tidak selembut daging yang dipotong dari tulang rusuk atau pinggang.


11. EntrecĂ´te dalam Bahasa Prancis berarti "antara tulang rusuk." Memang, entrecote tradisional dibuat dari daging antara tulang rusuk nomer 9 dan 11, sehingga membuatnya sangat langka dan eksklusif. Dalam kebanyakan kasus hari ini, entrecote identik dengan Rib-eye.


12. Wagyu steak adalah daging yang didapat dari proses genetik dan metode perawatan ternak yang sangat special.Perlakuan khusus ini yang membuat dagingnya sangat lembut, kaya lemak tak jenuh ganda, sangat berasa kualitas dagingnya karena memang dagingnya khusus diciptakan untuk dikonsumsi.Perbedaannya dengan daging lainnya, daging wagyu lebih putih.


13. Pailard termasuk salah satu steak paling tipis. Saking tipisnya agak sulit bila kita menginginkan daging ini menjadi rare atau medium.

No comments: