...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Saturday, June 25, 2011

TINGKATAN KEMATANGAN STEAK


Kesukaan masing masing orang pastilah berbeda untuk dapat menikmati steak yang mereka inginkan untuk makan. Steak akan lebih berasa apabila waktu memasaknya lebih pendek dibandingkan yang matang. Selain matang lebih keras dagingnya, akan tetapi lebih baik untuk menghindari kekhawatiran akan penyakit/bakteri. Berikut ini adalah beberapa macam istilah yang paling familier bila tamu atau waiter menginginkan bagaimana steak ingin dipersiapkan.

1. RAW/ mentah. Biasanya hanya beberapa menu saja yang memiliki cara penyajian seperti ini, contohnya seperti Steak Tartare atau Carpaccio.
2. BLUE/ very rare/ Seared. Steak akan dimasak secara cepat dan hanya akan mengubah warna dibagian luarnya. Didalam daging masih dingin, berwarna merah nyaris tidak terkena panas. Istilah lain yang digunakan adalah Blood rare, Bloody as Hell.
3. RARE. Warna luar akan abu abu kecoklatan, daging dalam masih berwarna merah dan sedikit hangat.
4. MEDIUM RARE. Warna daging didalam sudah menjadi merah muda/ pink.
5. MEDIUM. Daging sudah agak matang dan hanya menyisakan sedikit warna merah muda di inti daging.
6. MEDIUM WELL DONE. Menyisakan sedikit sekali warna merah muda di dalam daging karena hampir terbakar sempurna. Diluar warnanya sudah mulai abu abu coklat tua.
7. WELL DONE. Nampak hangus diluar dan sangat kering didalam daging.
8. OVERCOOK/ OVER WELL DONE. Bisa dibilang agak gosong,sangat kering dan daging akan terasa pahit.

Pilihan terbaik memakan Steak sudah pasti memakai French Fries, ataupun kentang yang lain dan juga nasi dengan sedikit vegetables. Biasanya banyak restoran menawarkan berbagai macam Steak dengan saus segala rupa, akan tetapi bagi saya, "GOOD MEAT DON'T NEED ANY SAUCE ON IT!". Karena taste dan tekstur dari daging itu sudah menciptakan rasa tersendiri. Kembali ke keinginan masing masing pribadi, anda ingin yang mana.

No comments: