...HOLA...CIAO...HALO...ALOHA...THANK YOU FOR VISITING MY BLOG...WISH YOU COMEBACK TOMORROW...SEE YOU...

Thursday, November 24, 2011

INGIN BEKERJA DIKAPAL PESIAR?BACA DULU!


Well, tentu sangat menyedihkan sekali apabila keinginan kita untuk bekerja dikapal pesiar tapi kita hanya mempunyai jabatan yang sangat rendah. Akan tetapi janganlah berputus asa, dimana ada kemauan pasti ada jalan untuk menggapai mimpi mengumpulkan dollar demi dollar ataupun euro. Dengan segala kemungkinan yang terjadi bila kita sudah onboard, mungkin posisi/ jabatan diatas kita ada yang lowong atau ada
crew member yang tidak qualified/ bermasalah dan harus terdegradasi posisi, besar kemungkinannya kita bisa mengambil alih atau promotion secara tidak terduga apabila kita adalah pekerja yang mungkin capable buat posisi tersebut.

Perlu diingat bahwa semakin kita punya kesempatan bertatap langsung dengan tamu semakin besar kemungkinan kita memberi service dan mendapatkan sedikit tips dari mereka. Biasanya di dinning room dan cabin/ houskeeping adalah posisi-posisi paling bisa diandalkan untuk mengoleksi pundi-pundi tips dari para tamu.
Baiklah, tapi bagaimana apabila kita hanya bekerja dideck 3 atau 4 yang notabene adalah crew area? Berikut ini adalah sedikit tips agar kita bisa mengoleksi uang tambahan dengan mengambil sidejob dari para crew member yang banyak diantara mereka yang membutuhkan seorang helper karena waktu bekerja yang padat.
1. Cabin helper
Membersihkan kamar crew lain sangat banyak dibutuhkan karena kapal pesiar adalah hospitality. Dengan rutinnya inspeksi kebersihan kamar, mau tidak mau banyak dari mereka memakai jasa helper untuk mengganti sprei, membuang sampah, membersihkan kamar dan toilet dan laundry. Charge perbulan  mulai dari $30-$100. Biasanya dengan 1 kamar diisi berdua mereka akan share untuk membayar.
2. Cukur rambut
Kerapihan sangatlah penting, dengan banyaknya crew member yang bekerja, semakin banyak rambut dikepala yang bisa kita cukur. Tidak ada patokan harga untuk cukur rambut, tapi biasanya berkisar antara $5-$10.
3. Pijat
Keletihan adalah hal yang paling mudah didapatkan ketika kita bekerja. Terkadang mereka juga membutuhkan sentuhan pemijat agar badan kembali pulih untuk bekerja. Banyak diantara tukang pijat yang membawa minyak khusus dari rumah. Charge sekali pijat adalah relatif/ tidak ada patokannya, tapi biasanya berkisar antara $15-$25.
4. Jual pulsa/ kartu telpon
Pulsa elektrik/ kartu telpon banyak dibutuhkan untuk bersms/ menghubungi keluarga para crew member. Bila pulsa kita harus mendaftar dulu untuk isi pulsa elektrik sebelum berangkat kekapal lain halnya kartu telpon, karena kita bisa menjadi reseller saat kita berada dinegara bersangkutan. Beberapa kartu telpon internasional biasanya bisa dipakai disemua negara, hanya waktu berbicaranya mungkin berlainan dari satu negara dengan negara lainnya.
5. Tukang Tato
Keahlian ini tidak semua orang bisa, rata-rata orang Bali yang memiliki keahlian khusus ini. Yang pasti tato membutuhkan banyak waktu, semakin besar dan rumit design tato semakin mahal pula harga yang harus dibayar. Charge tukang tato cukup menguras kantong tergantung design, berkisar dari $50-$400. Biasanya bila designnya besar dan rumit mereka harus mencicil sedikit demi sedikit karena waktu yang tersedia.
6. Loading
Loading barang untuk store ataupun loading barang bagasi juga bisa kita pilih. Akan tetapi saya tidak rekomendasikan karena kerjanya yang berat.
7. Sambal/ masakan spesial
Karena diperusahaan tempat saya bekerja makanan untuk crew member berbasis european food, maka sambal, nasi goreng ataupun masakan pedas sangat diminati oleh mereka yang mungkin mendambakan makanan seperti dirumah. Hanya saja untuk mengolah makanan seperti ini tidaklah diperbolehkan karena perusahaan sudah membuat menu mereka sendiri. Biasanya mereka yang berbisnis kuliner seperti ini harus sembunyi-sembunyi untuk membuatnya. Charge untuk masakan spesial ini tidak ada patokan atau seiklasnya. Kisaran $5-$10 persatu cruise/ perminggu.
Jadi bisa dibilang, kalo kita mau bekerja keras pasti selalu ada celah untuk menghasilkan sedikit recehan untuk kita sekedar mencari uang sampingan untuk jajan tanpa menyentuh uang dari gaji kita.






1 comment:

Berbagi Ilmu Pengetahuan said...

kunjungan perdana d blog ini dan salam kenal dr Blog'e Cah Nganjuk